Ilustrasi

Detektif swasta Charles Frederick Field. (Wikipedia)

ASIA.COM – Beberapa tokoh nyata biasanya menjadi inspirasi tokoh di dunia fiksi. Termasuk tokoh detektif di dunia nyata yang menjadi inspirasi salah satu tokoh fiksi. Salah satunya adalah sosok Charles Frederick Field yang juga muncul di cerita fiksi penulis terkenal

Charles Frederick Field dianggap sebagai salah satu tokoh detektif swasta awal di Inggris yang sebelumnya bekerja sebagai polisi, seperti yang dijelaskan dalam buku Policing Victorian London: Political Policing, Public Order, and the London Metropolitan Police karya Philip Thurmond Smith.

Lahir sebagai putra pemilik sebuah pub di Chelsea, Field awalnya bermimpi menjadi seorang aktor. Namun, kondisi keuangannya yang miskin membuatnya bergabung dengan Metropolitan Police saat didirikan pada tahun 1829.

Baca Juga: Kisah Detektif Jubun Menyusup ke Gym Demi Menyeret Pelaku Investasi Bodong ke Meja Hijau

Awalnya bergabung dengan Divisi E (Holborn), di mana ia kemudian naik pangkat menjadi sersan, ia segera pindah ke Divisi L (Lambeth) dan kemudian ke bagian dari Divisi R (Greenwich). Sekitar tahun 1846, ia bergabung dengan Cabang Detektif setelah pensiunnya Shackell dan kemudian pensiun sebagai kepala cabang tersebut pada tahun 1852.

Pada tahun 1850, sastrawan Inggris Charles Dickens, yang berteman dengan Field, menulis tiga artikel untuk jurnal Household Words yang menceritakan kisah petualangan dan pencapaian Cabang Detektif polisi baru, menyediakan sketsa karakter detektif-detektif tersebut. Dalam salah satunya, berjudul “A Detective Party,” Dickens memberi nama samaran “Inspector Wield” kepada Field.

Pada tahun 1851, kembali untuk Household Words, Dickens menulis esai pendek berjudul “On Duty with Inspector Field” yang berisi apa yang dikerjakan oleh Field. Selain dari penggambaran fiksi ini, Field sering dipuja oleh pers.

Setelah pensiun dari kepolisian, Field muncul lagi di media, dalam suplemen 2 Februari 1856 dari Illustrated News of the World, yang didedikasikan untuk pengadilan Dr. Palmer of Rugeley, yang dituduh meracuni tiga orang.

Baca Juga: Karier Aneh Dashiell Hammett, Detektif Swasta di Dunia Nyata yang Beralih Menjadi Penulis Cerita Detektif

Meskipun sudah pensiun, suplemen tersebut menggambarkan Field sebagai “Inspector Field,” menyiratkan bahwa ia masih aktif dalam kepolisian. Suplemen tersebut juga membawa memoar tentang kariernya. Keterlibatan Field dalam kasus tersebut terbatas.

Namun, Field mendapat masalah karena dianggap masih memanfaatkan pangkatnya sebagai polisi saat menjadi detektif swasta, padahal ia sudah pensiun.

Aksinya menyebabkan kegemparan di kalangan pejabat, yang membuat perilakunya diselidiki pada tahun 1861. Pada tahun 1865, Sir George Grey, Menteri Dalam Negeri Liberal, menghentikan masalah ini karena Field akhirnya pensiun dari pekerjaan detektif swastanya. (Detektif M)

Artikel Menarik Lainnya: