Nero Wolfe

Sosok Nero Wolfe dalam serial TV. (Istimewa)

ASIA.COM – Melihat cara kerja detektif Jubun sebagai detektif swasta, yang kerap mengerahkan para anak buahnya untuk melakukan penyelidikan lapangan tanpa turun langsung, mengingatkan dengan cara kerja Nero Wolfe. Sosok yang menjadi detektif swasta di novel karya Rex Stout yang dijuluki sebagai ‘armchair detective’ yang memiliki metode penyelidikan yang efisien.

Armchair detective” adalah istilah yang diberikan kepada detektif bertubuh tambun ini. Idealnya, detektif turun ke lapangan untuk menyelidiki atau mencari informasi. Namun, “armchair detective” memecahkan kasus tanpa perlu keluar rumah.

Nero Wolfe adalah detektif swasta ciptaan penulis Amerika, Rex Stout. Pertama kali muncul pada tahun 1934 dalam novel “Fer de Lance,” Stout menulis 33 novel dan 39 cerita pendek tentang Wolfe antara 1934 hingga 1975. Cerita Wolfe dinarasikan oleh asistennya, Archie Goodwin, mirip seperti Sherlock Holmes yang dinarasikan oleh Dr. Watson. Namun, Stout menggabungkan struktur cerita Inggris dengan gaya hardboiled Amerika.

Nero Wolfe

Ilustrasi Nero Wolfe. (TV Thrope)

Sebelum Nero Wolfe, ada C. Auguste Dupin ciptaan Edgar Allan Poe dan Mycroft Holmes, kakak Sherlock Holmes, yang juga dikenal sebagai “armchair detective.” Nero Wolfe mungkin terinspirasi oleh karakter-karakter ini, meski Stout tidak pernah mengonfirmasinya.

Wolfe bekerja sebagai otak kasus, sementara asistennya, Archie Goodwin, melakukan pekerjaan lapangan seperti menyelidiki dan mencari informasi. Archie melaporkan semua temuannya kepada Wolfe, yang kemudian menyusun strategi untuk memecahkan kasus. Misalnya, dalam “Eeny Meeny Murder Moe” dan “The Doorbell Rang,” Archie mencari informasi yang kemudian dibahas bersama Wolfe.

Meski Wolfe jarang keluar rumah, dalam beberapa kasus seperti “Too Many Cooks” dan “Cop Killer,” ia terpaksa meninggalkan rumahnya. Wolfe tinggal di rumah mewah di West 35th Street, New York, dengan berbagai fasilitas seperti ruang kantor, dapur, ruang khusus tanaman anggrek, dan ruang bawah tanah. Hobinya termasuk memasak, merawat anggrek, membaca, dan menikmati bir mahal.

Nero Wolfe sangat terjadwal, menghabiskan pagi hingga sore dengan hobinya dan bekerja di waktu yang tersisa. Ia dikenal cerdas dan jenius dalam memecahkan kasus, sering menemukan kejanggalan dari percakapan atau laporan Archie, dan mahir dalam menyusun strategi jebakan.

Nero Wolfe

nero Wolfe dna anak buahnya Archie Goodwin. (Istimewa)

Pembaca juga mengagumi Archie Goodwin, narator cerita yang cerdas, tangguh, tampan, dan ahli bela diri. Hubungan Archie dan Wolfe adalah antara karyawan dan bos. Archie, yang dibayar untuk menjadi asisten Wolfe, sering beradu argumen dengan Wolfe tetapi tetap setia.

Tokoh lain dalam cerita termasuk Inspektur Cramer dan Sersan Stebbins, polisi New York yang sering berseteru dengan Wolfe tetapi kadang memberikan informasi yang membantu penyelidikan.

Kisah-kisah Nero Wolfe telah diadaptasi ke teater, film, serial TV, dan pastiche. Aktor seperti Edward Arnold dan Maury Chaykin pernah memerankan Wolfe. Di tahun 2000, kisah Nero Wolfe dinominasikan sebagai “Best Mystery Series of the Century” dan Rex Stout sebagai “Best Mystery Writer of the Century.” Nama Wolfe diabadikan dalam penghargaan “Nero Wolfe Award” untuk penulis berbakat. (Detektif M)

Artikel Menarik Lainnya: