Hercule Poirot

Sosok Hercule Poirot, tokoh fiksi dari Agatha Christie yang diperankan Kenneth Branagh. (Istimewa)

ASIA.COM – Jika ada yang bisa memecahkan kejahatan misterius, maka itu pasti pria dengan kumis – detektif swasta asal Belgia Hercule Poirot. Sebagai karakter fiktif utama dalam lebih dari tiga puluh novel dan lima puluh cerita pendek, ia adalah salah satu karakter paling terkenal dari Agatha Christie.

Hercule Poirot bukan Sherlock Holmes yang berpikir secara empiris, ada data baru ia bisa melihat kesimpulan. Poirot berpikir secara rasional, dimana semua kesimpulan itu berasal dari pikiran, bukan pengalaman.

Poirot dominan dalam menyelidiki fakta dan data dengan melakukan wawancara pada seluruh penumpang kereta tersebut, bahkan beberapa kali juga dilakukan wawancara probing untuk mengukur konsistensi jawaban dan mencari pertalian antara fakta-fakta hasil wawancara. Poirot tetap tidak meninggalkan metode lain dalam penyelidikannya, observasi kiranya tetap digunakan untuk melakukan verifikasi data lintas metode.

Makanya, Hercule Poirot selalu mengandalkan “sel-sel kelabu” dalam otaknya. Dia merujuk pada bagian otak yang berpikir, sel-sel abu-abu yang membentuk materi abu-abu.

Baca Juga: Memahami Isu Kesehatan Mental Bersama Adrian Monk, Detektif Swasta Pengidap OCD yang Traumatis

Secara ilmiah, sel-sel kelabu ini merupakan bagian luar atau permukaan otak, yang disebut korteks, memiliki penampilan abu-abu-pink karena jenis sel saraf yang dikandungnya. Ini adalah tubuh neuron, tulis Dr. Keith Souter.

Hercule Poirot

Sosok Hercule Poirot, tokoh fiksi dari Agatha Christie yang diperankan David Suchet. (Istimewa)

Bagi Hercule Poirot, sel-sel abu-abu kecilnya diajak untuk bekerja, bermeditasi, mempertimbangkan, serta memberi waktu untuk berpikir. Hal ini yang membuat dirinya bisa berpikir kritis.

Setelah menjadi direktur proyek pemikiran kritis, Rurapuk, terlihat betapa besar pemikiran kritis Hercule Poirot, dan betapa banyak yang bisa kita pelajari darinya.

Keseimbangan emosional

Bahkan ketika dihina, dia tetap setia pada keyakinannya. Dia memancarkan kepercayaan diri, kesadaran diri, dan mungkin sedikit kecongkakan juga. Bagian itu bukan yang terbaik. Namun, kepercayaan dirinya membantunya mempertahankan ketenangan.

Bukan berarti bermaksud mengatakan bahwa dia tidak pernah marah, dia hanya mengendalikannya. Dia bisa berubah dari seorang pria yang berbicara lembut dalam satu detik menjadi raja olokan dalam pelacakan pelaku kejahatannya, mengungkap pelakunya.

Kerendahan hati intelektual, mengakui ketika Anda salah. Dengan tulus.

Poirot dengan hormat mengakui kekalahannya saat berduel dengan detektif Prancis lainnya. Dia memenuhi janjinya dan memotong kumis pegangan khasnya.

Mereka berjabat tangan, Poirot mengakui kekalahannya. Tidak ada panggilan nama, tidak ada agresi pasif.

Hercule Poirot

Sosok Hercule Poirot, tokoh fiksi dari Agatha Christie yang diperankan beberapa aktor lain. (Istimewa)

Menunda kesimpulan

Kebanyakan detektif mencemooh Hercule Poirot karena merenungkan potongan-potongan petunjuk dan tidak langsung mengambil kesimpulan yang tampak “jelas.”

Baca Juga: Cerita Goro Koyama: Detektif Swasta Jepang yang Tangani Banyak Kasus Orang Hilang Meski Belum Berlisensi

Dia tidak meninggalkan satu petunjuk pun, yang membuatnya menjadi bahan tertawaan jangka pendek. Pada akhirnya, metode Poirot selalu menang.

Memiliki tujuan yang lebih tinggi dalam pikiran

Bukan seorang penganut moral murni, dia mempertimbangkan biaya saat memilih jalur yang benar. Dalam Murder on the Orient Express, Poirot mengidentifikasi para pembunuh, tetapi nilai perlindungannya terhadap anak-anak membuatnya tidak memberi tahu polisi.

Dalam beberapa novel lainnya, ketika Poirot menemukan bahwa seorang teman dekat adalah seorang pembunuh, hubungan pribadinya tidak menghalanginya untuk menegakkan keadilan. Dengan hati yang berat, dia menyerahkan temannya.

Menjaga koneksi manusia, empati

Poirot dikenal mengatakan hal-hal seperti, “Dunia penuh dengan orang-orang baik yang melakukan hal-hal buruk,” dan “Siapa pun dalam situasinya akan melakukan hal yang sama.”

Dia berempati dengan orang lain, tidak peduli apakah mereka melakukan kejahatan atau orang suci. Dia mempraktikkan gagasan bahwa manusia tidak begitu berbeda satu sama lain.

Hercule Poirot

Sosok Hercule Poirot, tokoh fiksi dari Agatha Christie yang diperankan David Suchet. (Istimewa)

Mengistirahatkan pikiran sejenak bukan berarti pemalas

Poirot menyukai rutinitas. Dia minum tehnya pada jam tertentu, menggantung mantel di kursinya, dan duduk di mejanya tanpa mengubah urutan atau waktunya.

Baca Juga: Tips Jitu untuk Menjadi Detektif Swasta yang Handal Menurut Detektif Jubun

Setelah seharian menyisir jalan dan pedesaan mencari petunjuk, dia sering berkata, “Sekarang, biarkan aku berpikir.” Kapten Hastings dan Kepala Inspektur Japp mengatakan kepadanya, “Tapi kita perlu menemukan penjahat!” Dia menjawab, “Aku bisa menemukan penjahat hanya dengan duduk di sini dengan sel-sel abu-abuku yang kecil.”

Faktanya, dia memecahkan kasus tanpa meninggalkan apartemennya dalam The Disappearance of Mr. Davenheim. Dia menunjukkan bahwa keterampilan analitis dapat mengumpulkan informasi tanpa harus melakukan apa pun. Ini menunjukkan komitmen terhadap pemikiran yang sehat daripada penelitian empiris semata.

Menjelajahi berbagai sudut pandang

Poirot menjelajahi berbagai aspek kehidupan seseorang untuk membantunya memecahkan kejahatan. Dia menunjukkan rasa ingin tahu yang tulus tentang apa yang dipelajari orang, di mana mereka dibesarkan, bukan hanya, “Di mana Anda berada pada malam tanggal 15 September?”

Poirot tahu bahwa detail yang tampaknya tidak penting dapat memberikan informasi penting. Detektif lain mengabaikan obrolan ringan sebagai hal yang tidak relevan, tetapi Poirot memecahkan kejahatan dengan menyatukan potongan-potongan kecil bukti yang tampaknya tidak signifikan pada pandangan pertama.

Singkatnya, jika Anda ingin menjadi pemikir kritis, ambillah beberapa kualitas terbaik dari Hercule Poirot, seorang detektif Belgia yang teliti, ramah, berpikiran terbuka, analitis, dan berkepala dingin. Tentu saja, pastikan untuk meninggalkan sifat-sifatnya yang kurang diinginkan seperti kesombongan dan ketidaksopanan. (Detektif M)

Artikel Menarik Lainnya: