Penghargaan Scarlet Pen Awards

Bentuk penghargaan untuk literasi FIksi Kriminal di Indonesia. (Detektif M)

ASIA.COM – Detektif Jubun dan agensinya Aman Sentosa Investigation Agency (ASIA) mungkin bisa disebut agensi detektif swasta yang peduli dengan sastra di Indonesia. Salah satunya dengan mendukung ajang penghargaan buat para penulis fiksi kriminal Tanah Air lewat ajang Scarlet Pen Awards 2024.

Ajang penghargaan Scarlet Pen Awards (SPA) 2024 ini adalah salah satu penghargaan fiksi kriminal yang digagas oleh komunitas Detectives ID. Ini adalah salah satu penghargaan untuk para penulis Indonesia di genre fiksi kriminal, investigasi, thriller dan sejenisnya.

“Wah, ini ajang penghargaan yang disupport oleh detektif beneran di dunia nyata,” tulis Ade Agustian, salah satu koordinator juri SPA 2024 di akun Instagramnya.

Bentuk pentingnya menjaga relasi

Detektif Jubun beserta anak bertemu dengan pendiri Detectives ID, M Fadli. (Dok. Pribadi)

Salah satu bukti Jubun membangun relasi yang baik adalah memberikan donasi kepada komunitas pecinta literasi. Sebagai detektif yang sudah menerbitkan tiga buku yang diangkat dari kehidupannya menjalankan binis agensi detektif, ia menyumbangkan dana untuk ajang Scarlet Pen Awards yang digagas Detectives ID, komunitas pecinta cerita detektif.

Baca Juga: Kisah Detektif Jubun Menghadapi Penipu yang Mengaku Influencer IT dan Jago Meretas, Ternyata Palsu

“Ini karena kedekatan emosional saya dengan salah satu penulis yang membantu saya. Kebetulan ini untuk penghargaan penulis cerita detektif, jadi saya ikutan berdonasi,” kata Jubun.

Donasi Jubun pun menjadi salah satu yang unik dalam ajang Scarlet Pen Awards lantaran menjadi satu-satunya agensi detektif swasta yang pernah menyumbang untuk literasi di Indonesia, bahkan di dunia.

Pendukung Scarlet Pen Awards 2024, salah satunya Aman Sentosa Investigation

Pendukung Scarlet Pen Awards 2024, salah satunya Aman Sentosa Investigation. (Instagram/scarletpenawards)

Ajang Scarlet Pen Awards 2024 juga mengangkat karya-karya bertema pemecahan kasus, investigasi detektif, dan sejenisnya yang tentunya dekat dengan dunia investigasi yang dijalani Jubun. Ia sendiri mengaku tertarik dengan kisah-kisah investigasi yang pernah ia baca di masa mudanya.

“Saya suka Sherlock Holmes dan Detective Conan. Mungkin itu yang juga dekat dengan buku-buku fiksi tentang detektif,” ungkapnya.

Kedekatan Jubun dengan Detectives ID bermula dengan ajakan untuk Live Instagram untuk membicarakan tentang profesi detektif swasta di Indonesia pada September 2023 lalu. Semenjak itu, Jubun juga semakin dekat, bahkan berkolaborasi menulis buku memoars-nya sendiri.

Baca Juga: Dalam Masa Kampanye Politik, Detektif Jubun Mengaku Sering Diminta Menyelidiki Skandal Politikus Nakal

Jubun sendiri yang juga suka menulis telah beberapa kali memperkenalkan bukunya Mulai dari “The Untold Story of Private Investigator” dan “The Life of Private Investigator” yang bekerjasama dengan penulis Detectives ID.

Yang terbaru, Jubun juga memperkenalkan buku berjudul “Seni Membaca Rahasia Manusia” yang terbitkan oleh Bukune.

Hal ini membuktikkan bahwa, jubun juga peduli dengan dunia literasi dan masyarakat perlu mendapatkan edukasi literasi, khususnya tentang profesi yang dijalaninya. Jubun juga berharap bisa terus mendukung ajang seperti itu kedepannya nanti. (Detektif M)

Artikel Menarik Lainnya:

Aktivitas Detektif Swasta yang Aman dan Tidak Melanggar Hukum
Kisah Penyelidikan Termahal Detektif Jubun: Melacak Jejak Target Kasus Skema Ponzi hingga Negeri Singa
Apakah Profesi Detektif Swasta di Indonesia Sudah Legal? Ini Dia Penjelasannya