Detektif Jubun, Detektif swasta di Indonesia

Sosok Detektif Jubun, detektif swasta di Indonesia. (Istimewa)

ASIA.COM – Membangun relasi penting merupakan aspek krusial dalam bisnis detektif swasta. Relasi ini dapat membantu seorang detektif swasta mendapatkan informasi, sumber daya, dan bahkan klien baru.

Hal itu juga yang dilakukan oleh Detektif Jubun, salah satu detektif swasta termasyhur di Indonesia. Melalui Aman Sentosa Investigation Agency yang didirikannya sejak 2008 silam, Jubun selalu menjaga baik hubungan dengan semua klien yang datang minta penyelidikan kepadanya, termasuk juga dengan para aparat, pakar hukum atau dengan jurnalis.

Sosok yang kerap menyelidiki kasus penipuan atau perselingkuhan tak sekedar menerima klien, melakukan penyelidikan, membawa hasil, terima bayaran dan selesai begitu saja. Jubun terkadang membangun kedekatan emosional dengan para klien, saling memperkenalkan anggota keluarga, bahkan menjadi teman curhat.

“Saya suka membangun kedekatan emosional dengan orang yang sangat anggap baik. Ini nantinya akan membangun image pekerjaan saya yang menyediakan jasa penyelidikan,” kata Jubun saat ditemui di kawasan PIK, Kamis (2/5/2024).

Hubungan yang baik dengan klien membantu membangun kepercayaan, yang merupakan fondasi penting dalam hubungan bisnis jangka panjang. Ketika klien merasa puas dengan layanan yang diberikan dan percaya, mereka lebih cenderung untuk kembali dan merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain.

Baca Juga: Peduli Literasi, Detektif Jubun Jadi Satu-satunya Detektif Swasta Indonesia Donasi untuk Scarlet Pen Awards 2024

“Saya jarang memasang iklan tentang jasa penyelidikan saya. Kebanyakan klien saya datang lewat informasi mulut ke mulut. Hal ini membuktikan klien puas dan merekomendasikan ke teman-temannya yang lain.”

Berikut beberapa tips untuk membangun relasi penting untuk bisnis detektif swasta:

1. Hadiri acara industri

Detektif Jubun

Detektif Jubun saat menghadiri acara idepreneur. (Instagram/yangjubun)

Mengunjungi acara seperti ini merupakan kesempatan yang tepat untuk bertemu dengan detektif lain, belajar dari para ahli, dan mendapatkan informasi terbaru tentang industri detektif swasta.

Tak hanya itu, detektif swasta juga perlu mendatangi acara networking bisnis. Acara ini dapat membantu mereka terhubung dengan profesional dari berbagai industri, yang mungkin dapat menjadi klien potensial atau sumber daya yang berharga.

2. Bangun hubungan dengan penegak hukum

Detektif Jubun

Detektif Jubun dengan kolega dari bidang hukum. (Instagram/yangjubun)

Hubungan yang baik dengan penegak hukum dapat membantu seorang detektif swasta mendapatkan informasi dan akses yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kasus.

Baca Juga: 11 Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Mendirikan Agensi Detektif Swasta Sendiri

Bahkan, detektif swasta juga perlu menghadiri acara dan pelatihan yang diselenggarakan oleh penegak hukum.

3. Bangun hubungan dengan media

Detektif Jubun beserta anak bertemu dengan pendiri Detectives ID, M Fadli. (Dok. Pribadi)

Hubungan yang baik dengan media dapat membantu mendapatkan publisitas untuk bisnis detektif. Berbagi informasi kepada media tentang kasus yang tengah diselesaikan memiliki nilai jual berita yang juga menguntungkan pihak media, termasuk sang detektif swasta.

Pihak detektif swasta juga bisa menawarkan dirinya sebagai komentator atau ahli, seperti dalam perselingkuhan artis.

4. Bangun hubungan dengan komunitas lokal

Detektif Jubun

Detektif Jubun aktif dalam komunitas lokal. (Instagram/yangjubun)

Detektif swasta juga perlu berpartisipasi dalam organisasi dan acara komunitas lokal. Itu adalah kesempatan untuk menawarkan jasanya kepada bisnis dan individu di komunitas lokal.

Baca Juga: Kisah Detektif Jubun Menghadapi Penipu yang Mengaku Influencer IT dan Jago Meretas, Ternyata Palsu

Hal ini juga dapat membangun reputasi sebagai detektif swasta yang dapat dipercaya dan kompeten.

Tips tambahan:

  • Selalu profesional dan sopan dalam interaksi dengan orang lain.
  • Bangun reputasi sebagai detektif swasta yang dapat dipercaya dan kompeten.
  • Berikan layanan yang berkualitas tinggi kepada klien .
  • Minta referensi dari klien.
  • Gunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis.

Membangun relasi penting membutuhkan waktu dan usaha, tetapi itu adalah investasi yang berharga untuk bisnis detektif swasta.

Selain membangun relasi penting, seorang detektif swasta juga perlu memastikan bahwa ia memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi detektif swasta yang sukses. Detektif swasta juga harus mengikuti pelatihan yang relevan, mendapatkan lisensi yang diperlukan, dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri detektif swasta. (Detektif M)

Artikel Menarik Lainnya: